cara proses daun ketapang

Cara Memproses Daun Ketapang

1. Bilas Daun Ketapang

Hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah membilas daun ketapang yang baru sobat dapatkan. Cuci menggunakan air yang mengalir agar proses pencucian benar benar sempurna, cuci hingga benar benar tidak ada tanah, kotoran atau lumpur yang melekat di daun ketapang.

2. Rendam Air Garam Ikan

Seterusnya kita harus merendam daun ketapang yang sudah kita cuci hingga benar benar bersih. Sobat bisa membeli garam ikan di kedai kedai aquarium. seterusnya berikan secukupnya saja, Untuk proses perendaman saya biasanya berikan dengan nisbah 5% dari total volume air. Perendaman berguna untuk menghilangkan bakteria buruk yang boleh berbahaya untuk kesehatan ikan laga, rendam selama 12 jam. supaya hasilnya maksimum.

3. Jemur Daun Ketapang

Setelah direndam selama 12 jam selanjutnya kalian harus menjemur daun ketapang tersebut sebelum digunakan, pisahkan daun ketapang satu persatu agar proses penjemuran benar benar maksimum dan cepat kering. Kalian bisa menggunakan tali rafia dengan memasukkan daun ketapang satu persatu dengan cara menusuk lembar lembar seperti sate agar benar benar terpisah. Lama proses penjemuran itu relatif, tergantung cuaca di kawasan kalian, semakin panas semakin cepat.

4. Memisahkan Batang Daun Ketapang

Setelah kering langkah terakhir yang harus sobat lakukan sebelum daun ketapang siap digunakan adalah memisahkan batang daun ketapang, hal ini bertujuan agar pada proses penggunaan daun ketapang tidak mengeluarkan lendir yang tentunya tidak baik untuk ikan cupang. Gunakan daun tengah sahaja.

Itulah cara memproses daun ketapang untuk ikan laga. semoga artikel ini bermanfaat untuk perawatan dan pengobatan ikan laga kesayangan.